RAGAM KAIN UNTUK MEMBATIK

Image

Batik memang sudah sangat universal, kemajuan batik bisa dibilang sangat cepat berkat usaha yang tidak pernah berhenti dari semua orang yang perduli akan kelestarian batik. Tidak heran jika sekarang kita tidak lagi merasa aneh atau sekedar menengok heran saat melihat orang mengenakan batik. Bahkan dunia pun sekarang mengakui batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang patut untuk dibanggakan.

Batik telah dikenakan oleh semua kalangan, dari rakyat jelata hingga Presiden, bukan hanya di Indonesia, Presiden Barack Obama dan istri juga Pernah mengenakan batik di beberapa acara kenegaraan. Begitu juga dengan presiden Negara-negara lain dan pejabat pemerintahannya. Sepatutnya kita bangga memiliki Batik sebagai Warisan budaya kita. 

Tahukah anda bahwa batik tidak bias diaplikasikan pada sembarang jenis kain ?? sama halnya dengan kebanyakan kain tradisional Indonesia yang lain, yang pada umumnya hanya menggunakan material khusus untuk bahan pembuatannya. Nah sekarang saya akan memberikan sedikit pengetahuan berkaitan dengan material atau kain  yang biasa digunakan untuk batik

Jenis kain yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kain batik seperti tertera di bawah ini.

1. Kain katun prima

Katun prima merupakan jenis kain yang terbuat dari bahan kapas. Karena sifatnya yang mudah menyerap bahan pewarna alami maupun kimia, kain jenis ini cocok dipakai sebagai bahan dasar pembuatan batik tulis.

2. Kain katun primissima dan polisima

Katun primissima atau sering juga disebut kain primis kualitasnya lebih bagus daripada katun prima sedangkan katun polisima dianggap sebagai kain katun terbaik. Kain katun primissima umumnya lebih tebal dengan serat lebih besar dibanding katun prima. Yang paling banyak dipakai sebagai bahan pembuatan batik tulis adalah kain katun primis. Kain batik dengan bahan dasar katun primis umumnya harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang berbahan dasar katun lainnya.

3. Kain katun Santyo

Kain katun jenis ini diproses melalui sanforisasi, yakni diberikan campuran sodium hydroxide. Hal ini dimaksudkan agar ketika diberi warna akan menghasilkan warna cerah dan melekat kuat. Kain batik yang menggunakan katun santyo sebagai bahan dasar akan menghasilkan warna yang bagus dan kuat.

4. Kain katun dobi

Katun dobi terbuat dari campuran bahan kapas dan polyster. Campuran bahan alami dan sintetis ini menghasilkan kain katun yang terlihat memiliki motif serat kotak-kotak atau garis-garis, dan terkadang abstrak.

5. Kain Sutera

Kain sutera dibuat dari bahan kepompong ulat sutera dengan cara dipintal untuk menghasilkan benang sutera. Sejak dulu, kain sutera dianggap sebagai kain terindah dan termahal. Sifat kain sutera yang halus lembut dan berkilau banyak disukai kalangan bangsawan di seluruh dunia. Perburuan benang sutera ini hingga dalam sejarah tercatat ada jalur sutera sebagai jalur perdagangan barang istimewa ini. Kendati demikian, pamor sutera tampaknya mulai menurun akhir-akhir ini. Hal ini disebabkan munculnya kain sutera sintetis yang tidak lagi murni terbuat dari benang sutera. Sebagai bahan kain batik, ada kecenderungan para pecinta batik mulai bergeser pada kain katun primis.

6. kain serat nanas.

Kain yang ditenun dengan menggunakan serat dari dan nanas. Kain ini memiliki tekstur agak kasar tapi berdifat adem karena merupakan serat alami dan mudah menyerap warna dari pewarna batik.

Dari tulisan diatas bisa kita simpulkan bahwa kain katun yang terbuat dari serat kapas adalah bahan yang paling umum digunakan dalam membatikk karena lebih mudah menyerap pewarna alami maupun kimia yang digunakan dalam batik. Sifat pewarna batik yang bahan utamanya adalah Lilin atau malam yang tidak mudah diserap itulah yang menyebabkan terbatasnya jenis kain yang bisa digunakan untuk membatik. Sebenarnya ada sesuatu tentang batik yang saya inginkan lebih, yaitu kenyamanan dalam pemilihan jenis kain. Andai saja  batik bisa diaplikasikan pada kain kaos rayon atau spandek yang lebih nyaman dipakai dan lebih modis. Sadar atau tidak, selama ini batik hanya dikenakan dalam waktu yang tidak lama, misalnya kondangan atau acara khusus yang menuntut berpakaian formal. Atau daster batik dari kain katun rayon adalah salah satu pilihan yang paling nyaman untuk dikenakan dirumah. Tapi mungkin karena sifat khusus dari malam dan pewarna batik yang  membatasi batik untuk diaplikasikan kepada jenis kain tertentu. Semoga saja penelitian pengembangan batik akan menuju kearah sana suatu saat nanti.

Salah satu aplikasi batik yang sedang tren saat ini adalah jeans Batik. Terimakasih kepada  generasi muda yang kreatif, sehingga batik bias lebih beragam dan kaya. Jeans batik bisa diaplikasikan dalam bentuk celana, jaket, tas, dan barang lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: